Ada Yang Beda Di SBMPTN Tahun Tahun 2017

Posted on

Ada yang Beda di SBMPTN Tahun 2016 | Ujian Nasional tingkat SMA, SMK, dan MA untuk tahun pelajaran 2015/2016 telah usai. Bagi mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, setidaknya satu ujian lagi masih harus dihadapi. Para siswa yang berniat kuliah—termasuk lulusan sekolah angkatan 2014 dan 2015—di kampus pelat merah, misalnya, harus sudah bersiap menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Sudah benarkah persiapannya?

SBMPTN adalah satu dari tiga jalur yang bisa ditempuh untuk belajar di kampus negeri. Dua jalur yang lain adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)—sejenis undangan penerimaan berdasarkan rapor sekolah—dan Seleksi Mandiri. Pada 2016, kuota penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri adalah 40 persen lewat SNMPTN, 30 persen SBMPTN, dan 30 persen jalur mandiri.

Ada yang beda

SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan perguruan tinggi negeri secara serempak di bawah koordinasi Panitia Pusat. Seleksi berdasarkan ujian tertulis atau kombinasi antara ujian tertulis dan keterampilan calon mahasiswa. Namun, pada 2016 ada yang berbeda dengan pelaksanaan SBMPTN dibandingkan pada tahun-tahun lalu. Seperti dikutip dari situs Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), pada tahun ini panitia menawarkan dua sistem ujian tertulis.  dua sistem tersebut yaitu paper based testing (PBT) menggunakan kertas serta computer based testing memanfaatkan perangkat komputer dan jaringan internet.

Ada yang Beda di SBMPTN Tahun 2016

Calon mahasiswa bebas memilih sistem yang dirasa paling memudahkan. Apa pun sistemya, materi yang diujikan sama. Di antara materi itu adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) serta Tes Kemampuan Dasar (TKD), tergantung program studi yang akan dipilih.

Baca Juga : Seminggu Pendaftaran, Kuota CBT SBMPTN 2016 Ludes

Untuk jurusan terkait sains dan teknologi, TKD terdiri atas matematika, biologi, kimia, dan fisika. Adapun TKD untuk jurusan sosial dan humaniora adalah mata pelajaran sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. Jika Anda berniat mengikuti SBMPTN tahun ini, biaya pendaftaran adalah Rp 200.000, dua kali lipat dibandingkan pada tahun lalu. Pembayaran dibayarkan melalui transaksi perbankan lewat Bank Mandiri atau BNI.

Perlu dicatat, pendaftaran SBMPTN untuk PBT akan dilakukan secara online mulai 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. Adapun untuk CBT, pendaftaran dibuka dari 29 April 2016 sampai 9 Mei 2016. Info lengkap mengenai tata cara pendaftaran, Anda bisa mengakses situs web http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Sumber : kompas. com

Leave a Reply